Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melepas bantuan kemanusiaan untuk Mesir dan Sudan di Baseops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (3/4/2024).

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, pemerintah selalu berkomitmen menjaga perdamaian dunia serta terlibat aktif dalam visi misi kemanusiaan, baik akibat perang maupun karena bencana.

“Dan kita turut prihatin atas peristiwa kemanusiaan yang terjadi di Gaza dan konflik internal di Sudan yang menimbulkan banyak korban,” katanya.

“Karena itu, untuk kesekian kalinya kita kembali untuk melakukan misi kemanusiaan, mengirim bantuan ke Mesir dan Sudan untuk membantu saudara kita yang membutuhkan bantuan,” lanjutnya.

Menurut Jokowi, bantuan yang dikirimkan hari ini senilai kurang lebih Rp30 miliar. Bentuknya berupa obat-obatan, peralatan kesehatan.

“Dan juga bantuan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di lapangan sesuai dengan permintaan dari pemerintah Mesir dan Sudan,” ujar Jokowi.

“Bantuan ini akan diantar langsung ke Mesir dan Sudan dan delegasi dipimpin oleh Pak Suharyanto Kepala BNPB yang beranggotakan seluruh unsur kementerian dan lembaga serta mitra pemerintah,” lanjutnya.

Jokowi berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban mereka yang sedang tertimpa musibah di Gaza dan di Sudan.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Penampakan Bantuan RI untuk Gaza yang Tertahan di Mesir


(miq/miq)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *