Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Provinsi Jambi, Rabu (3/4/2024). Agenda yang dilakukan mulai dari meninjau kompleks pergudangan Bulog hingga meninjau rumah sakit.

Dalam kunjungan kerja itu Jokowi juga didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan pejabat lainnya.

Agenda pertama Jokowi menuju Kabupaten Merangin. Kepala Negara langsung blusukan ke Pasar Rakyat Merangin guna meninjau sejumlah harga bahan pokok. Hingga memberikan bantuan kepada pedagang.

“Saya lihat di sini bagus, stabil, tadi bawang merah Rp35 ribu, bawang putih Rp40 ribu, sama seperti di provinsi-provinsi yang lain,” ujar Presiden dalam keterangannya.

Jokowi melihat stabilisasi harga pada pasar itu cukup baik sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Selanjutnya Jokowi bertolak ke Kompleks Pergudangan Bulog Pematang Kandis, Kabupaten Merangin. Jokowi mau melihat langsung ketersediaan beras hingga menyerahkan bantuan beras kepada masyarakat penerima manfaat.

Ia mengatakan bahwa bantuan pangan tersebut akan berlanjut hingga bulan Juni mendatang. Namun, keberlanjutan bantuan setelah bulan Juni akan tergantung pada ketersediaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Nanti kita lihat lagi kalau anggaran APBN mencukupi akan dilanjutkan di Juli, Agustus, September Oktober, November, Desember. Saya tidak janji, tapi nanti kalau kita buka lagi APBN-nya ada akan kita teruskan sampai Desember,” ujarnya.

Selanjutnya Jokowi langsung terbang ke Kabupaten Tebo, pada Rabu (3/4/2024). Jokowi mengunjungi Pasar Tanjung Bangur untuk melihat langsung harga sejumlah bahan pokok.

Di Pasar itu Jokowi melihat harga bahan pokok dan ketersediaanya masih aman.

Selanjutnya Jokowi meninjau langsung fasilitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Thaha Saifuddin, kabupaten Tebo, Jambi.

Jokowi juga mengatakan bahwa kunjungan tersebut penting untuk melihat langsung kesiapan setiap daerah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Ia menambahkan bahwa pemerintah tahun ini akan mengirimkan sejumlah peralatan medis yang dibutuhkan masyarakat.

“Kita ingin mengirimkan CT Scan, mammografi, cath lab tahun ini sehingga persiapan di sini harus, karena ini alat-alat gede yang butuh listrik, butuh ruangan, butuh dokter spesialis yang bisa mengelola ini sehingga saya datang dan ingin memastikan dan saya lihat di sini siap,” ungkap Presiden.

Terkait pemerataan tenaga kesehatan, Jokowi menyatakan bahwa RSUD Sultan Thaha memiliki kekurangan pada dokter spesialis jantung. Meski demikian, ia memastikan bahwa RSUD Sultan Thaha telah memiliki fasilitas yang memadai untuk mencakup layanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat.




Presiden Joko Widodo ngabuburit di Taman Pusparagam (Lapangan Semagor) Kabupaten Bungo, Jambi. (Instagram @jokowi)Foto: Presiden Joko Widodo ngabuburit di Taman Pusparagam (Lapangan Semagor) Kabupaten Bungo, Jambi. (Instagram @jokowi)

Hingga pukul 17.30 WIB menuju buka puasa, Jokowi ngabuburit di menuju Taman Semagor. Jokowi keluar dari hotelnya dengan pakaian santai berwarna coklat untuk mencari takjil menjelang berbuka puasa.

Dalam kesempatan itu terlihat Jokowi juga membeli beberapa jajanan favoritnya seperti mi goreng, gulai ayam kampung, babat, hingga ikan bakar.

Jokowi juga memilih beberapa camilan khas seperti lemper dan bakwan, serta beberapa minuman segar seperti es kelapa, es timun selasih, dan es tebu untuk menambah kesegaran saat berbuka puasa. Sambil berburu takjil dan santapan, Jokowi tidak melewatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan masyarakat.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Sosok Ini Ungkap Prabowo Ahli Blusukan, Jawab Sindiran Hasto


(emy/mij)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *